Cara Menjaga Kesehatan Mental di Masa Pandemi

menjaga kesehatan mental

Kesehatan mental di masa pandemi memang menjadi topik perbincangan banyak orang saat ini, maka dari itu banyak dari kita yang mungkin penasaran bagaimana cara menjaga kesehatan mental di masa sulit ini. Nah, mungkin banyak dari teman-teman yang merasa sedih dan frustasi karena faktanya memang pandemi membatasi kita melakukan banyak hal. Kita jadi sulit untuk ke luar rumah, sulit bersosialisasi, dan melakukan aktivitas harian lain. Dampak positifnya, kita dapat membantu berkontribusi untuk pelandaian kurva COVID-19. Dampak negatifnya, kesedihan yang berlarut larut dapat membuat kesehatan mental kita semakin menurun. Maka dari itu, teman-teman bisa mencoba beberapa tips dari penulis untuk menjaga keadaan mental selama masa pandemi.

Membatasi penggunaan sosial media

Bukan hal yang rahasia lagi jika sosial media memeras mental kita. Kebanyakan dari kita merasa hidup kita tertinggal orang-orang yang kita lihat di internet. Tidak jarang, secara menerus membuka dan mengikuti sosial media bisa memicu stress karena kita cenderung untuk membandingkan hidup kita dengan orang lain. Menurut Sperling (2019), sosial media memang mendesain untuk bisa membuat penggunanya kecanduan dan berkaitan dengan gangguan mental seperti gangguan kecemasan, depresi, dan gangguan mental lainnya. Apalagi di tengah pandemi ini, pemerintah mengharuskan masyarakat untuk senantiasa beraktivitas di rumah, maka penggunaan sosial media meningkat drastis. Nah, tips pertama yang bisa dilakukan adalah membatasi penggunaan sosial media. Teman-teman bisa memindahkan aplikasi sosial media di folder yang berbeda agar tidak senantiasa membukanya secara otomatis. Selain itu, teman-teman bisa menaruh aplikasi yang lebih bermanfaat di bagian yang lebih mudah terlihat.

Menghabiskan waktu dengan keluarga

Karena kita sedang stay di rumah, ini adalah waktu yang tepat untuk bersosialisasi dan menghabiskan waktu dengan yang tercinta. Teman-teman bisa mulai mengajak keluarga dan sanak saudara berdiskusi mengenai keseharian, merencanakan kegiatan atau games yang teman-teman bisa mainkan di rumah, dan tidak hanya itu, kalian juga bisa bercerita curahan hati. Salah satu jenis permainan seru yang bisa dilakukan di rumah oleh banyak orang adalah board games. Permainan-permainan tersebut bisa membantu teman-teman untuk mendekatkan dan menghangatkan hubungan di tengah masa yang sulit ini. Selain curahan hati dan board games, teman-teman juga bisa membagikan masalah atau problems yang sedang kalian hadapi karena mungkin saja mereka mempunyai cara atau tips untuk menyelesaikannya.

Menjaga kesehatan mental dengan rutin melakukan meditasi

Tentunya teman-teman tidak asing lagi dengan meditasi ya. Meditasi adalah kegiatan yang membutuhkan konsentrasi tinggi karena teman-teman harus duduk dengan tenang dengan serta penarikan dan pembuangan nafas secara teratur. Secara bersamaan, teman-teman juga dapat menjernihkan sementara pikiran agar jiwa lebih tenang. Meditasi adalah salah satu teknik relaksasi yang secara efektif mampu mengelola stres dan mengatasi gangguan kecemasan. Menurut dr. Kevin Adrian (2020), meditasi berperan dalam penurunan tingkat kecemasan dan depresi. Teman-teman bisa memulai meditasi di waktu luang selama lima sampai lima belas menit. Jika melakukan meditasi secara rutin, maka meditasi dapat membantu menjaga kesehatan mental teman-teman.

 

Sumber:

https://www.alodokter.com/manfaat-meditasi-untuk-kesehatan-fisik-dan-mental

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *